Indonesia Bangga, Baju APD Karya Anak Bangsa Lolos Uji ISO 16604 Class 3 dan Berstandar WHO

- 30 Mei 2020, 19:28 WIB
Baju APD Buatan Sritex PT Sritex

JURNAL PRESISI - Angin segar ditengah mewabahnya virus corona di Indonesia, alat Perlindungan Diri (APD) karya anak bangsa kini diakui kualitasnya dimata dunia dan memenuhi standar WHO.

APD yang diproduksi oleh PT Sritex itu telah mendapat ISO 16604 Class 3, setelah dilakukan pengujian oleh Intertek Headquarter yang berbasis di Cortland, New York, Amerika Serikat.

WHO juga menilai jika APD buatan Indonesia tersebut layak dipakai sebagai pelindung diri para tenaga medis yang sedang berjuang menangani penyakit menular berbahaya yang kini sedang mewabah .

Dengan lolosnya uji kelayakan APD dengan ISO 16604 Class 3 itu kini menjawab solusi atas ketersediaan APD yang menjadi kendala selama Pandemi virus corona.

Baca Juga: ITD Unair Over Kapasitas, RS di Jatim Kebingungan Kirim Sampel Baru Covid-19

Dilansir dari Pikiran-Rakyat, Kepala BPNB Doni Monardo menyatakan kegembiraannya setelah Konsul Jenderal Republik Indonesia di New York memberi kabar tersebut.

“Saya ikut senang mendengar kabar dari Konsul Jenderal Republik Indonesia di New York, Arifi Saiman bahwa 27 Mei 2020 waktu New York, hasil uji lab APD Coverall dan sampel bahan baju PT. Sritex untuk sertifikasi ISO 16604 Class 3 di Intertek HQ, Cortland, New York, dinyatakan Pass atau lolos uji lab,” ujar Doni pada Jumat, 29 Mei 2020

Diketahui, baju APD bersertifikasi ISO 16604 Class 3 memiliki ketahanan terhadap masuknya bakteri atau virus dengan ukuran yang sangat kecil. ISO 16604 Kategori kelas 3 berkualitas lebih tinggi dibandingkan tingkat kelas 2 atau ISO 16604 Class 2.

Baca Juga: Presiden Amerika Donald Trump Resmi Umumkan Putus Hubungan Dengan WHO

Doni juga mengatakan bahwa beberapa perusahaan Indonesia lain sedang mengajukan permohonan untuk uji lab produk mereka.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X