Beredar Kabar Mobil ditempel Stiker Palu Arit Lambang PKI, Simak Fakta

- 2 Juni 2020, 11:35 WIB
Foto Hoaks Stiker PKI di Mobil.* Kominfo

JURNAL PRESISI - Tersiar kabar sebuah pesan berantai dari aplikasi media sosial WhatsApp. Kabar tersebut memberikan peringatan kepada para pengemudi mobil agar berhati-hati saat memarkir kendaraan di parkiran.

Dijelaskan bahwa ada sebuah gerakan seolah-olah dari kader Partai Komunis Indonesia (PKI) yang menempelkan stiker berlogo PKI secara acak di bagian mobil yang terparkir. Dijelaskan pula bahwa polisi sempat menahan mobil seseorang setelah menemukan stiker palu arit tersebut.

Baca Juga: Kekacauan di AS Merembet ke 40 Kota, Jam Malam Diaktifkan, Garda Nasional Turun Tangan

Faktanya jika dicermati terlihat jelas bahwa tempelan stiker tersebut murapakan hasil editan Photoshop karena bentuknya kotak sempurna. Padahal permukaan mobil cembung.

Hoaks Mobil berstiker PKI
Hoaks Mobil berstiker PKI Kominfo.go.id

Baca Juga: Ratusan Orang Masuk Bali Tanpa Melalui Prosedur Protokol Kesehatan, Para Pecalang Merasa Kecewa

Sebenarnya ini merupakan isu lama yang sempat beredar beberapa tahun lalu (tahun 2016) dan diangkat kembali saat ini.Setelah ditelusuri foto mobil dengan nopol B 1764 PFR tersebut ditahan Polsek Pedan karena terlibat aksi perampasan motor di Jawa Tengah

Unggahan tersebut termasuk dalam konten yang menyesatkan dengan foto yang telah melalui proses rekayasa digital. Terlebih foto tersebut dibumbui dengan keterangan yang memprovokasi para pembaca di media social.

Baca Juga: WNA Asal AS Ditangkap Polresta Denpasar Akibat Mengedarkan Sabu-Sabu

PKI menjadi isu sensitif di antara masyarakat Indonesia sejak lama. Sehingga seringkali orang-orang yang tidak bertanggung jawab memainkan isu ini untuk mencari sensasi, atau sebatas ingin membuat konten yang viral.***

Halaman:

Editor: Ratri Ni'mah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X