Pariwisata Pasca COVID-19 Perlu Disiapkan, Kemendikbud Minta Industri Gandeng Kampus

- 2 Juni 2020, 14:00 WIB

JURNAL PRESISI -  Pandemi COVID-19 saat ini membuat Kemendikbud meminta supaya perguruan tinggi dan dunia industri bekerja sama dalam menghadapi era baru pasca COVID-19.

Kemendikbud menyoroti bahwa bidang vokasi perlu dibuatkan formulasi khusus agar mampu melewati masa sulit ini.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto meminta agar kampus maupun industri semakin mengeratkan kerja samanya untuk menyambut bangkitnya sektor pariwisata pada era "new normal" atau normal baru.

Baca Juga: Tolak Bantuan Pemkot Surabaya, Alasan Keluarga ini Bikin Menangis

"Pada masa pandemi ini merupakan waktu yang tepat bagi kampus dan industri untuk menformulasikan kerja samanya. Terutama dalam bidang pariwisata," ujar Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto, dalam webinar menyambut Dies Natalis STP Trisakti ke-51 di Jakarta, seperti dikutip dari Antara pada Selasa, 2 Juni 2020.

Wikan menjelaskan sektor pariwisata akan bangkit lagi setelah pandemi COVID-19. Hal itu dikarenakan masyarakat butuh hiburan setelah lebih dari tiga bulan berada di rumah. Pihak industri pun saat ini sedang berbenah selama pandemi.

"Hanya saja, lebih selektif dalam melakukan kegiatan wisata. Tidak lagi dalam bentuk grup atau rombongan," terang dia.

Wikan menambahkan perubahan merupakan hal mutlak yang dilakukan. Bahkan tanpa adanya COVID-19, perubahan tetap harus dilakukan.

Baca Juga: Cek Fakta: Kabar Presiden Jokowi Menghapus TAP MPRS Tentang Larangan Ajaran Komunisme

Saat ini, Kemendikbud sedang mempersiapkan "pernikahan massal" perguruan tinggi dan industri. Kerja sama dengan industri merupakan suatu hal yang mutlak untuk dilakukan.

Halaman:

Editor: Ben Sihotang

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X