Batalkan Ibadah Haji Tahun 2020, Langkah Pemerintah Dinilai Tepat

- 3 Juni 2020, 10:25 WIB
ILUSTRASI pelaksanaan ibadah haji.*

JURNAL PRESISI -  Keputusan pemerintah melakukan pembatalan keberangkatan haji tahun ini dinilai pengamat sebagi langkah yang berani dan tepat.

Dr. Slamet Rosyadi mengapresiasi langkah yang ditempuh pemerintah ini.

Pakar bidang kebijakan publik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) ini menganggap jika pemerintah sejatinya mendahulukan keselamatan para calon jamaah haji.

Baca Juga: Menteri Agama : Pembatalan Jamaah Haji Juga Pernah Terjadi di Masa Lalu

"Langkah ini sudah tepat, karena bagaimanapun juga keselamatan seluruh calon haji adalah prioritas," katanya di Purwokerto, Rabu.

Selain itu, ia melanjutkan, pemerintah Arab Saudi juga belum memberikan kepastian apakah akan membuka atau menutup layanan haji tahun ini karena pandemi belum mereda.

"Situasi ini menimbulkan ketidakpastian. Jadi pilihan untuk menunda keberangkatan haji pada 2020 ini sudah tepat," katanya.

Baca Juga: Memutar Film G30S/PKI Menjadi Alasan Helmy Yahya Dipecat Dari TVRI, Begini Faktanya

"Kalaupun kemudian pihak Saudi membuka akses layanan haji, pemerintah tidak memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan dengan baik rencana keberangkatan calon haji dan rencana pengelolaan kebutuhan selama di Tanah Suci," ia menambahkan.

Menindaklanjuti keputusan pemerintah mengenai penangguhan pemberangkatan jamaah haji, Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Banyumas akan menyampaikan pemberitahuan kepada seluruh calon haji di wilayah kerjanya melalui surat.

Halaman:

Editor: Ben Sihotang

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X