7 Panser Buatan Indonesia yang Diakui Dunia Internasional, Simak Spesifikasinya

- 5 Juni 2020, 15:35 WIB
Panser Anoa 6x6 Commander.* dok PT Pindad

JURNAL PRESISI - PT Pindad (persero) merupakan perusahaan plat merah yang berfokus pada pengembangan teknologi dan produksi alutsista. Kehadiran perusahaan ini untuk mendukung kebutuhan militer Indonesia dalam mempertahankan keamanan nasional Indonesia.

Meskipun awal kehadiran PT Pindad  diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, namun karena kualitasnya bagus pada akhirnya karya PT Pindad.

Tentu kita cukup bangga atas keberhasilan PT Pindad yang mampu memproduksi kendaraan taktis (Rantis) dan kendaraan tempur (Ranpur). Salah satunya adalah kendaraan tempur Panser 6x6 ANOA.

Baca Juga: Kenali Aluguro, Kapal Selam Kombatan Pertama Buatan Indonesia

Tidak kurang dari 360 Ranpur ini telah digunakan dalam misi perdamaian PBB. Singkatnya kendaraan tempur milik Indonesia sudah terbukti di medan pertempuran (battle proven).

Seperti yang dikutip oleh Pikiran Rakyat dari Dirut PT Pindad, Abraham Mose, pada hari Jumat 8 November 2019.

“Saat ini lebih dari 360 unit Anoa telah digunakan oleh TNI serta ikut aktif beroperasi dalam berbagai misi perdamaian PBB di Lebanon (UNIFIL), Sudan (UNAMID), Afrika Tengah (MINUSCA), dan Kongo (MONUSCO).”

Baca Juga: 6 Kapal Selam Bertenaga Nuklir yang Ditakuti, Mampu Menyelam Hingga 25 Tahun Tanpa Naik ke Permukaan

Hal ini disampaikan oleh Abraham saat menerima kunjungan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di lokasi PT Pindad yang bermarkas di Kota Bandung.

Spesifikasi umum yang dimiliki oleh Panser 6x6 Anoa diantaranya, body seutuhnya menggunakan desain Monocoque Armoured Steel. 

Halaman:

Editor: Ratri Ni'mah

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X