Foto Spektakuler! Penampakan Stasiun Luar Angkasa Mengitari Matahari

- 30 Juni 2020, 08:36 WIB
Tangkapan Layar Youtube Scitechdaily saat ISS Mengitari Matahari

JURNAL PRESISI – Melihat penampakan Stasiun Luar Angkasa International (ISS) saat mengitari matahari sangat istimewa.Belakangan fotografer NASA menangkap kejadian tersebut.

JURNAL PRESISI - Bergerak dengan kecepatan delapan kilometer (lima mil) per detik, Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mengelilingi planet kita setiap 90 menit.

Dalam periode 24 jam, anggota kru di ISS mengalami 16 matahari terbit dan terbenam. Terlepas dari seberapa sering ISS melewati secara langsung Bumi dan Matahari, menangkap gambar ISS transit pada bintang terdekat kita ini sangat jarang terjadi.

Baca Juga: Benarkah Hubungan RSUD Dr. Soetomo dengan Pemkot Surabaya Memanas? Ini Jawaban Dokter Joni!

Pada 24 Juni 2020, fotografer NASA Joel Kowsky menangkap kejadian itu dari Fredericksburg, Virginia.

Dikutip Jurnal Presisi dari Scitechdaily Gambar itu adalah komposit, terbuat dari enam bingkai, dan menunjukkan ISS dalam siluet saat bergerak dari kanan ke kiri melintasi cakram surya sambil mengorbit 400 kilometer (250 mil) di atas Bumi.

Gambar tersebut menunjukkan posisi ISS dalam orbitnya ketika Kowsky mengambil foto-fotonya sekitar pukul 1:15 malam. Waktu Siang Timur A.S. Transit berlangsung sekitar 0,54 detik dan ditangkap ketika kameranya memotret pada 10 frame per detik.

Baca Juga: Besok! Jawa Timur Gratiskan Denda Pajak, Dapat Diskon 15 Persen Juga Simak Ketentuannya

Kowsky mengatakan banyak situs web membantu mengidentifikasi kapan ISS akan transit di Matahari, tetapi cuaca dan waktu merupakan masalah utama untuk mengambil foto yang jelas.

Halaman:

Editor: Eggy Awang

Sumber: Scitech Daily


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X