RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) Menjadi Polemik Publik, Begini Tanggapan Ketua MPR-RI!

- 2 Juli 2020, 19:35 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo /dok

JURNAL PRESISI -  Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Bambang Soesatyo mengatakan sepakat dengan beberapa purnawirawan TNI-POLRI yang mengatakan jika Pancasila tidak sepatutnya diatur dalam sebuah Undang-Undang.

Pancasila sebagai ideologi bangsa menjadi perbincangan hangat pasca adanya pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) oleh DPR-RI beberapa waktu belakangan.

"Pimpinan MPR satu pandangan dengan para tokoh senior purnawirawan TNI-Polri bahwa tidak sepatutnya Pancasila masuk dalam UU," ujar Bambang Soesatyo atau Bamsoet usai menerima kunjungan Wakil Presiden Ke-6 RI Try Sutrisno dan para purnawirawan TNI-Polri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, seperti dikutip Jurnal Presisi dari Antara.

Baca Juga: Sejumlah Negara Peringatkan Aneksasi Tepi Barat Palestina akan Ciptakan Bumerang Bagi Israel Sendiri

Ketua MPR yang akrab disapa Bamsoet ini, mengaku setuju dengan usulan purnawirawan TNI-Polri apabila RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) diubah menjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP).

Dikutip Jurnal Presisi dari Antara, Bamsoet beranggapan bahwa seharusnya Undang-Undang Pembinaan Ideologi Pancasila nantinya hanya mengatur tentang teknis pembinaan ideologi Pancasila, karena hal tersebutlah yang dipandang lebih urgent saat ini bagi bangsa Indonesia.

"Kedepan diharapkan pembinaan ideologi Pancasila bisa simultan. Tugas kami sebagai bangsa memberi (pemahaman) budi pekerti dan kesadaran dalam bernegara Pancasila, sikap kami sama dengan para purnawirawan TNI-Polri," ujarnya.

Baca Juga: PENGUMUMAN! Peserta UTBK dan SBMPTN 2020 Wajib Memiliki Surat Hasil Tes Cepat dan Tes Usap PCR

Try Sutrisno, mantan Wakil Presiden RI juga menyatakan sependapat dengan apa yang diutarakan oleh Bamsoet.

"Kedatangan kami ke sini untuk memberikan saran dan pandangan bahwa UU itu diharapkan sudah harus diganti, baik nomenklaturnya, judul maupun isinya," ujar Mantan Wapres Era Presdien Soeharto tersebut.

Halaman:

Editor: Ben Sihotang

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X