PUPR Sebut Tapera Adalah Innovasi Pendukung Sejuta Rumah Layak Huni

- 9 Juli 2020, 17:34 WIB
Ilustrasi perumahan untuk Tapera /PMJ News

JURNAL PRESISI - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sampaikan program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) merupakan inovasi untuk mendukung program sejuta rumah.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan pemerintah targetkan pembangunan 5 juta unit rumah pada periode 2020-2024 dengan anggaran hingga Rp552,7 triliun.

"Ini tidak mungkin akan ditopang oleh anggaran pemerintah makanya kita berkolaborasi dengan swasta, pegawai daerah dan masyarakat," ujar Khalawi saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI, di Jakarta, Kamis.

Baca Juga: Pakar Nyatakan Keberadaan Virus Corona Sebenarnya Sudah Lama Ada Tetapi Tidak Disadari Manusia

Ia juga mengemukakan bahwa anggaran yang bersumber dari Ditjen Penyediaan Perumahan hanya sebesar Rp54 triliun atau sekitar 9,7 persen, hanya mampu menyediakan 875.000 unit rumah.

Sementara Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PUPR dari sekitar Rp84,7 triliun (15,2 persen) mampu menyediakan sekitar 1,7 unit rumah.

"Sisanya inilah yang kita harus bergerak bersama-sama dengan swasta, termasuk juga dukungan bantuan dari Komisi V. Kalau Program Sejuta Rumah tidak cukup, harus ada inovasi lain, salah satu solusi kedepannya adalah Tapera," ujarnya.

Baca Juga: Fitur iOS 14 Milik Apple Bocor, Simak Fitur-Fitur Tambahan Terbaru Berikut!

Tujuan dari Tapera ini adalah untuk menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang yang berkelanjutan untuk pembiayaan perumahan dalam rangka memenuhi kebutuhan rumah yang layak dan terjangkau bagi peserta masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Halaman:

Editor: Eggy Awang

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X