Pemerintah Peringatkan Mikro Droplet Bisa Bertahan Lama di Udara Ibarat Bau Asap Rokok di Ruangan

- 13 Juli 2020, 06:10 WIB
Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 //Antara

JURNAL PRESISI - Salah satu tindakan pencegahan penularan Covid-19 adalah dengan melindungi diri dari percikan droplet seperti penggunaan face shield dan masker.

Selain menjaga diri dengan selalu mengutamakan kebersihan diri seperti halnya cuci tangan, penggunaan face shield dan masker secara bersaaman lebih baik untuk mengamankan diri.

Namun, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto kembali mengimbau seluruh masyarakat untuk mewaspadai penyebaran Covid-19 di udara melalui mikro droplet yang paling utama adalah penggunaan masker setiap saat.

Baca Juga: Haghia Sophia Kembali Dijadikan Masjid, Paus Fransisku Mengaku Sangat Tertekan

Yurianto mengungkapkan, penyebaran Covid-19 lewat udara dapat terjadi karena mikro droplet dapat bertahan jika sirkulasi udara dalam suatu ruangan tidak memadai.

"Mikro droplet ini adalah droplet yang ukurannya lebih kecil dan bisa berada di udara untuk waktu relatif lama apalagi pada ruangan dengan ventilasi dan sirkulasi udara yang tidak maksimal," kata Yurianto dalam konferensi persnya di Kantor BNPB, Jakarta, Ahad 12 Juli 2020.

Yurianto pun mengilustrasikan mikro droplet tersebut ibarat penyebaran asap rokok dalam satu ruangan tertutup yang minim ventilasi udara.

Baca Juga: Ngantor di Surabaya, Menkes Pantau Khusus Penanganan COVID-19 Jawa Timur

Asap itu, kata dia, akan bertahan sangat lama dan siapapun bisa mencium bau asap rokok dalam ruangan yang tak memadai sirkulasi udaranya tersebut.

"Dan bagi siapapun yang menggunakan faceshield tanpa menggunakan masker pasti akan bisa mencium bau ini. Kurang lebih begitulah droplet Covid-19," kata Yurianto.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Galamedianews


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X