Program Kampung Tangguh Gagasan Polda Riau Sukses Panen Raya di Tengah Pandemi Covid-19

- 27 Juli 2020, 11:55 WIB
Kapolda Riau saat panen jagung di di Kelurahan Kerinci Barat, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan. /

JURNAL PRESISI - Kesuksesan program Kampung Tangguh atau Jaga Kampung ditandai dengan panen raya masyarakat kelurahan Kabupaten Pelalawan 24 Juli 2020 lalu.

Melalui gagasan Polda Riau bulan mei 2020, program ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid.

Panen Raya lahan seluas 13 hektar tersebut turut dihadiri Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendy bersama Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Bupati Pelalawan dan unsur Forkopimda.

Baca Juga: Telusuri Bau Busuk, Warga Geger Temukan Mayat Wanita Tanpa Identitas Megambang Di Kolam Ikan

Kapolda Riau kemudian menjelaskan, 13 hektar lahan yang digarap oleh petani ada bermacam jenis tanaman seperti jagung, gambas dan lainnya. Panen raya program Kampung Tangguh atau Jaga Kampung tersebut dilakukan tepatnya di Kelurahan Kerinci Barat, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.

Tak hanya tanaman, lahan tersebut ini juga digunakan sebagai sarana budidaya ternak ikan yang dikelola kelompok tani.

"Harapan kita tentunya mendongkrak perekonomian para petani setempat ditengah terjangan pandemi Covid-19," kata Kapolda.

Baca Juga: Mata Lelah Akibat Sering Bermain Gadget, Tak Perlu Biaya Mahal Cukup Gunakan Khasiat Air Mawar

Sebelum kegiatan panen ini, pada bulan Mei 2020, Polda Riau menggerakkan kelompok tani untuk memberdayakan lahan yang ada dengan menanam berbagai tanaman kebutuhan, memberikan bibit dan pelatihan serta menjalin kerjasama dengan pembeli hasil panen, termasuk dari Persatuan Pedagang Jagung Bakar Pekanbaru.

"Penanaman kita lakukan ini sejak 74 hari. Dan saya kembali lagi untuk melakukan panen raya dari program jaga kampung yang sudah berjalan ini," terang Kapolda.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Fix Pekanbaru


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X