Tantang Ancaman Sanksi AS, Indonesia kembali Jajaki Jet Tempur Su-35 Buatan Rusia

- 27 Juli 2020, 16:31 WIB
Sukhoi Su-35 / Pixabay /

JURNAL PRESISI - Alutsista merupakan kebutuhan mendesak untuk menjaga kedaulatan NKRI di berbagai lini yaitu darat, laut dan udara.

Namun, pengadaan teknologi tempur generasi terbaru juga tak kalah penting untuk mengimbangi kemajuan dunia pertahanan militer, tak terkecuali Indonesia.

Diberitakan sebelumnya oleh Jurnal-Presisi.com, negosiasi pemerintah Indonesia terkait pegadaan jet tempur Sukhoi SU-35 buatan Rusia sempat tersendat karena tekanan AS.

Baca Juga: Kementerian PUPR Dorong Kaum Milenial Untuk Beli Rumah Hanya Melalui Genggaman

Bahkan, jika Indonesia nekat melanjutkan transaksi tersebut, kabarnya Amerika Serikat tak akan sungkan memberikan sanksi pada Indonesia.

Menurut laporan Bloomberg, beberapa waktu lalu Indonesia akhirnya membatalkan pembelian 11 pesawat Sukhoi Su-35 setelah mendapat tekanan dari Washington.

Seorang pejabat Indonesia yang tidak bersedia disebutkan namanya, mengatakan kepada Bloomberg bahwa Washington memperingatkan Jakarta.

Baca Juga: Rilis Tahun Depan, Film Justice League Terbaru Tak Akan Tampilkan Adegan Terdahulu

Ancaman AS tersebut didasarkan pada the Countering America’s Adversaries Through Sanctions Act.

Inti dari sikap AS tersebut secara garis besar adalah sebuah peringatan jika Indonesia tetap melanjutkan pembelian Su-F35 Rusia, hal tersebut akan berisiko pada hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat (AS).

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X