Elektabilitas Gibran Rakabuming Meroket Jelang Pilkada Solo 2020, Salip Rival Terkuat Achmad Purnomo

- 1 Agustus 2020, 21:03 WIB
Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming (kanan) dan Achmad Purnomo (kiri). /Antara

JURNAL PRESISI - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan secara resmi mengusung nama Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Wali Kota Solo 2020.

Sejak nama Gibran diusung PDI Perjuangan sebagai bakal Wali Kota, tren elektabilitas putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tersebut dilaporkan terus meroket.

Tingkatan elektabilitas tersebut berdasarkan hasil dari survei Indonesian Public Institute (IPI) yang disampaikan langsung oleh Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo pada, Sabtu 1 Agustus 2020.

Baca Juga: Baru Saja Dilantik Menjadi Gubernur Definitif Kepri, Isdianto Positif COVID-19!

Dikutip dari RRI melalui Pikiranrakyat-Bekasi.com, Karyono Wibowo mengatakan hanya berselang satu tahun, elektabilitas Gibran Rakabuming Raka mampu menyalip rival terkuatnya yakni Achmad Purnomo.

"Posisi elektabilitas Gibran Rakabuming Raka pada Juni 2020 sudah unggul di semua simulasi bakal calon yang diuji dibanding pada Desember 2019," ujar Karyono Wibowo.

Karyo Wibowo juga menjelaskan, dari simulasi 15 nama calon pada Desember 2019 lalu, elektabilitas Gibran Rakabuming Raka hanya sebanyak 29,5 persen dan masih di bawah Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yang memperoleh dukungan 41,8 persen.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Pikiranrakyat-Bekasi.com dengan judul Tak Salah Pilih Jelang Pilkada Solo 2020, IPI: Elektabilitas Gibran Rakabuming Salip Achmad Purnomo

Sementara untuk Teguh Prakosa, Muhammad Fajri, Gareng S Haryanto, Anung Indro Susanto, Achmad Sapari, Her Suprabu, dan calon lainnya masing-masing masih di bawah 1 persen.

"Sedangkan jumlah pemilih rahasia/belum memutuskan/tidak tahu jawab sebanyak 25,6 persen," ujar Karyono Wibowo.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X