Program Pendidikan Tenaga Teknis pada 1,6 juta ASN Bidang Administratif Tetapkan Standar Kelulusan

- 3 Agustus 2020, 15:46 WIB
Menpan RB, Tjahjo Kumolo .*/ig @tjahjo_kumolo /

JURNAL PRESISI - Banyaknya kekosongan tenaga teknis di wilayah pedesaan membuat Kemenpan RB memberikan pendidikan pada 1,6 juta ASN tenaga administratif melalui program peningkatan kapasitas untuk mengisi kekosongan tersebut.

Namun, Pendidikan tersebut nantinya tetap akan memiliki penilaian akhir untuk menentukan lulus atau tidaknya ASN tersebut.

“Yang 1,6 juta tenaga administrasi bertahap untuk yang bisa ditingkatkan kapasitasnya dengan tambahan pendidikan. Yang tidak bisa ya (tetap) mengisi posisi staf administrasi di semua tingkatan, baik K/L maupun daerah,”kata Menpan RB Tjahjo Kumolo sebagaimana dikutip dari ANTARA, Senin, 3 Agustus 2020.

Baca Juga: Penjelasan Logis Mengapa Pinggir Tol Jadi Pilihan Yodi Prabowo Lakukan Aksi Bunuh Diri

Tjahjo Kumolo kemudian menjelaskan, tenaga teknis yang dimaksud diantaranya tenaga teknis di bidang pertanian, penyuluh atau penggerak di pedesaan, penyuluh KB (Keluarga Berencana), dan lain sebagainya.

“Pemerintah melakukan upaya (untuk) meningkatkan kapasitas tenaga-tenaga administrasi yang potensial, agar mereka memiliki kemampuan spesifik yang dapat mengisi (kebutuhan) tenaga-tenaga teknis yang masih sangat diperlukan,” ujar Tjahjo.

Maka dari itu, 1,6 juta tenaga administratif tersebut berpotensi untuk dialihkan sebagai penyuluh di dua sektor tersebut.***

 

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X