Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fase III akan Dimulai 11 Agustus 2020 dengan Melibatkan 1.620 Relawan

- 7 Agustus 2020, 13:48 WIB
Ilustrasi Vaksinasi Relawan /

JURNAL PRESISI - Uji klinis fase 3 bakal calon vaksin covid-19 hasil kerja sama PT Bio Farma (Persero) dengan Sinovac, perusahaan bioteknologi asal Tiongkok akan dimulai minggu depan.

Peluncuran uji coba vaksin ini menjadi angin segar saat Indonesia masih berjuang untuk laju penularan virus corona dengan jumlah kasus yang terus meningkat di beberapa daerah.

Dilansir dari Reuters, Uji klinis fase 3 akan dimulai pada 11 Agustus dan akan melibatkan 1.620 relawan berusia antara 18 dan 59 tahun berdasar keterangan Profesor Kusnandi Rusmil, kepala peneliti di Universitas Padjadjaran Bandung.

Baca Juga: Padamkan Kebakaran Hutan, BPBD Sumsel Jatuhkan 'Bom' 4,6 Juta Liter Air dengan Helikopter

Setengah dari peserta akan menerima vaksin selama periode enam bulan, sedangkan sisanya akan menerima plasebo dan sejauh ini 800 relawan telah mendaftarkan diri.

"Kami ingin memiliki vaksin agar kami dapat menggunakannya untuk orang-orang kami," ujar Rusmil.

Hingga Rabu (5/8), Indonesia mencatat angka 116.871 terinfeksi virus korona dan 5.432 angka kematian. Angka tersebut menempatkan Indonesia sebagai yang tertinggi di Asia Timur.

Baca Juga: Miris! Anak SD Sanggup Membully dan Melecehkan Aurel Hermansyah dengan Sangat Kasar, Ashanty Murka

Pandemi virus corona telah membuat negara-negara besar di dunia berlomba menemukan vaksin, dengan lebih dari 100 dalam pengembangan dan sekitar selusin sudah diuji pada manusia.

Seiring dengan upaya Indonesia untuk membendung gelombang penyebaran virus, pemerintah telah menyuarakan tentang perlunya mengamankan pasokan vaksin yang cukup di tengah kekhawatiran beberapa negara.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X