Kabar Baik! BLT 600 Ribu Direncanakan Terus Berlanjut Tidak Hanya Empat Bulan

- 3 September 2020, 20:45 WIB
Ilustrasi Dana BLT UMKM /

JURNAL PRESISI - Pemerintah memberikan bantuan langsung tunai atau subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu kepada karyawan swasta. Bantuan ini diberikan sebagai bentuk penanganan dampak pandemi Covid-19.

Bantuan tersebut diatur dalam Permenaker Nomor 14 Tahun 2020, yang ditandatangani oleh Menteri ketenagakerjaan Ida Fauziyah pada 14 Agustus 2020 lalu.

Bantuan subsidi upah ini awalnya direncanakan berjalan selama 4 bulan dengan total Rp2,4 juta. Namun subsidi gaji tersebut akan terbagi pada 2 tahap yang artinya tiap pekerja yang memenuhi syarat diatas akan menerima 1,2 juta setiap 2 bulan sekali.

Baca Juga: Siap Transfer 3 Juta Penerima Bantuan 600 Ribu Tahap 2, Cek Nama Anda Segera

Karena itu, pemberian subsidi upah sebesar Rp 600 ribu dirasa sangat membantu para pekerja untuk memenuhi kebutuhan mereka dimasa pandemi Covid-19 ini.

Menteri BUMN, Erik Tohir, Selaku Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menyebutkan sesuai rencana awal jika program subsidi upah pekerja akan berakhir pada bulan Desember tahun ini.

Namun bila program ini berjalan dengan baik, tidak menutup kemungkinan bahwa program subsidi upah karyawan swasta dengan gaji dibawah 5 juta akan terus berlanjut.

Baca Juga: Pemerintah Akan Beri Bantuan Rp 500 Ribu Selama 3 Bulan Berturut-turut

“Kita tahu pengusaha ingin program ini sukses. Membantu karyawan yang membutuhkan karena terdampak Covid-19. Kita menyepakati pengawasan ini berlanjut, kalau program bagus dilanjutkan, tapi sekarang sampai Desember saja,” Kata Erik Thohir seperti yang dilansir dari PMJ News.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: PMJ News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X