BLT Rp600 Ribu Sebagai Penunjang Hidup Sehari - Hari

- 11 September 2020, 21:21 WIB
Pekerja pabrik sepatu PT Changsin Reksa Jaya berjalan keluar pabrik di Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (31/8/2020). ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah/agr/hp. /

JURNAL PRESISI – Sepanjang pandemi Covid-19 pendapatan masyarakat semakin menurun. Beberapa masyarakat mengandalkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu per-bulan sebagai penunjang kebutuhan sehari-harinya.

"Alhamdulillah, bermanfaat untuk menunjang kebutuhan keluarga. Meskipun, saya belum berumah tangga, tapi saya menjadi tulang punggung untuk ibu saya karena ayah sudah meninggal dunia," kata Sofian Farma 26 tahun, seorang pegawai swasta saat dihubungi di Jakarta, Jumat 11 September 2020.

Dilansir dari Antara, adanya pengurangan jam kerja yang harus dihadapi pekerja kontrak di salah satu rumah makan di daerah Jakarta itu mengungkapkan pendapatannya menurun semenjak pandemi yang terjadi di Indonesia sementara dia menghidupi dirinya bersama ibunya.

Baca Juga: Rilis dengan Desain Makin Nyentrik, Daihatsu Taft Reborn Masuk Pasar Indonesia?

"Ya, biasanya gaji saya itu untuk makan sehari-hari, terus harus bayar cicilan, jadi sudah ada bagian-bagiannya. Dengan pandemi ini, sangat terasa sekali dampaknya," ungkap Sofian.

Dia mengatakan BLT yang diterima dari ibu dan dirinya sebesar Rp 1,2 juta digunakan untuk modal usaha berjualan kue dengan menitipkan hasil usahanya ke warung-warung. Sebelumnya, mereka belum pernah berjualan.

Dengan hal ini, mereka mendapatkan penghasilan tambahan untuk kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Waduh! Bantuan UMKM Bisa Ditarik Kembali Jika Tak Segera Lakukan Ini

Hal serupa juga diungkapkan oleh Mahmudin 25 tahun salah seorang pegawai swasta juga mengalami penurunan pendapatan. Dia juga baru saja menjadi seorang ayah dan anak pertamanya lahir di tengah pandemi.

"BLT yang saya terima Alhamdulillah bermanfaat banget, karena bisa buat biaya lahiran anak saya, beli pakaian bayi, jadi betul-betul butuh banget memang," ungkap Udin.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X