Bantuan UMKM Rp2,4 Juta Diperpanjang Hingga Pertengahan 2021 Mendatang, Begini Cara Daftarnya!

- 13 September 2020, 13:44 WIB
Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki/ /Facebook/Teten-Masduki

JURNAL PRESISI - Kabar baik datang dari Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM.

Dilansir dari laman resmi Kementrian Koperasi dan UKM, Teten Masduki menjelaskan tentang potensi berlanjutnya program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif berupa modal usaha untuk UMKM hingga tahun 2021.

"Pemerintah tidak tinggal diam. Serangkaian kebijakan untuk membantu UMKM dan Koperasi sedang dan akan terus dilanjutkan," ujar Teten dalam sebuah sambutan virtual pada pembukaan pelatihan bertema 'KUKM Eksis dan Mampu Beradaptasi dalam Pandemi Covid-19 dan Era New Normal' di Lombok Tengah, Senin, 7 September 2020.

Baca Juga: Tanggapi Rencana PSBB Jakarta, Para Selebriti ini Buka Suara Membantu Promosi Para Pelaku Usaha

Selain itu Teten juga menjelaskan berbagai bentuk upaya pemerintah pusat dalam membantu UMKM supaya dapat bertahan ditengah Pandemi Covid-19. Bantuan pemerintah yang diberikan kepada UMKM disesuaikan dengan kondisi masing-masing UMKM.

"Bagi UMKM yang memang terdampak sangat ekstrem, maka diberikan bansos. Bagi UMKM yang mengalami kesulitan pembiayaan sementara kegiatan usahanya masih berjalan, diberikan retrukturisasi pinjaman subsidi bunga 6 bulan dan keringanan pajak, serta pinjaman dengan bunga 3 persen," jelas Teten.

Untuk UMKM yang belum tersentuh perbankan, akan diberi bantuan presiden produktif sebesar Rp 2,4 juta untuk modal usaha.

Baca Juga: Edukasi Pilkada 2020, Komisi Pemilihan Umum Segera Tuntaskan ‘Game’

"Bantuan ini diberikan kepada 12 juta pelaku usaha mikro. Sampai pada akhir September 2020 ditargetkan sudah 100 persen," ujar Teten.

"Jika situasi ekonomi nasional pada Kuartal I 2021 masih landai, maka kedua bantuan itu (restrukturisasi dan banpres produktif usaha mikro) kemungkinan besar akan dilanjutkan,"pungkas Teten.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Depkop RI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X