Waspada! Penipuan BLT Subsidi Upah Berkedok dari BP Jamsostek Marak Terjadi

- 14 September 2020, 21:30 WIB
Direktur Utama BPJAMSOSTEK Agus Susanto. /ANTARA/

JURNAL PRESISI – Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek), Agus Susanto menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati atas kejadian penipuan bantuan yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggungjawab dengan dalih Bantuan Sosial Upah (BSU).

Kejadian tersebut bermula ada upaya pencurian data melalui media sosial dengan menggunakan akun sosial media palsu yang mengatasnamakan BP Jamsostek.

“Saya tegaskan bahwa syarat utama penerima BSU ini mutlak berdasarkan kriteria dari Peraturan Menteri Ketenagakerjaan 14 tahun 2020,” ujar Agus selaku Direktur BP Jamsostek dalam keterangan tertulis yang dilansir dari website resmi BP Jamsostek.

Baca Juga: Berita Duka, Aktor Ade Firman Meninggal Dunia Diduga Terpapar Covid-19

Yang menjadi kriteria syarat penerimaan BSU Jamsostek dituangkan dalam pasal 3 Permenaker Nomor 14 Tahun 2020, syarat penerima BSU adalah:

- Warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan nomor induk kependudukan.

- Terdaftar sebagai peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BP Jamsostek yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan.

- Pekerja/buruh penerima gaji/upah.

- Kepesertaan sampai dengan bulan Juni 2020.

- Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan gaji/upah dibawah Rp 5 juta sesuai gaji/upah terakhir yang dilaporkan oleh pemberi kerja dan tercatat di BP Jamsostek; dan

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: BPJS Ketenagakerjaan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X