Gawat! Stok Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di RS Swasta Wilayah Bekasi Kian Menipis

- 15 September 2020, 16:01 WIB
Ilustrasi ruang isolasi pasien positif Covid-19 /Asep M S

JURNAL PRESISI - Rumah sakit swasta yang digunakan sebagai rujukan bagi pasien Covid-19 mengaku kehabisan ruang isolasi.

Ruangan khusus pasien yang terdampak dilengkapi dengan ventilator dan alat penyerap partikular dengan efesiensi tinggi atau disebut hepa filter.

Kedua alat tersebut sangatlah berperan besar dalam ruangan pasien Covid sebagai media pembantu meminimalkan penyebaran virus yang berada dalam ruangan.

Baca Juga: Billboard Hot 100 'Dynamite' BTS Menduduki Posisi Kedua di Minggu Ketiga

Pada umumnya terdapat tiga jenis ruangan isolasi. Untuk ruang pertama, ruang isolasi memiliki tekanan yang negatif dengan menggunakan ventilator, kemudian ruangan dengan tekanan tanpa ventilator dan yang ketiga ruangan isolasi biasa.

Untuk ruangan yang paling banyak dipakai dan tersedia untuk pasien Covid-19 adalah ruangan jenis pertama yaitu bertekanan tinggi disertai dengan ventilator.

Namun hingga sampai saat ini, rata-rata di RS swasta Bekasi yang dipakai sebagai rujukan jumlahnya semakin sedikit.

Baca Juga: Super Junior D&E Akan Rilis Versi Spesial Mini Album ‘Bad Blood’

“Datanya sudah 490 sekian pasien COVID-19 tetapi data itu bergerak terus ya. Ini gejala ringan dan gejala berat. Berarti hampir sebagian besar rumah sakit full, terutama yang butuh ventilator. Jadi kalau misalkan ada kasus berat, Kota Bekasi sudah tidak bisa menampung,” ujar Eko Nugroho selaku Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta (ARSSI) Kota Bekasi, dilansir dari Antara.

Di sejumlah rumah sakit swasta Kota Bekasi kapasitas tempat tidur untuk isolasi pasien gejala ringan hingga berat sudah ditambah dari waktu ke waktu.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X