Sidang Paripurna di Tengah PSBB, DPR Akhirnya Sahkan RUU P2APBN 2019 menjadi UU

- 15 September 2020, 21:06 WIB
Tangkapan layar Wakil Ketua Badan Anggaran DPR, Cucun Syamsurijal, dalam Rapat Paripurna ke-5 DPR Masa Persidangan I Tahun Sidang 2020-2021 di Senayan, Jakarta, Selasa (15/9/2020). ANTARA/Abdu Faisal /

JURNAL PRESISI – Seluruh fraksi di DPR telah menyetujui Rancangan Undang-undang tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Penerimaan Belanja Negara Tahun Anggaran Negara 2019 (RUU P2APBN 2019).

Pernyataan demikian seperti yang disampaikan oleh Cucun Syamsurijal selaku Wakil Ketua Badan Anggaran DPR diama RUU tersebut disahkan menjadi Undang-Undang pada hari ini, 15 September 2020.

Selanjutnya, PDI-P tetap meminta kepada pemerintah agar menindaklanjuti segala
permasalahan yang dijumpai dalam Laporan Keungan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2019.

Baca Juga: Syekh Ali Jaber: Terlalu Cepat Jika Polisi Ambil Kesimpulan Pelaku Alami Gangguan Jiwa

Tindakan demikian dimaksudkan agar tidak terulangnya permasalahan yang sama pada APBN Tahun Anggaran kedepannya.

Kemudian daripada itu, pada pengelolaan Anggaran Penerimaan Belanja Negara tahun selanjutnya, pemerintah juga diminta untuk lebih meningkatkan efektivitas dalam Sistem Pengendalian Internal, patuh terhadap peraturan perundang-undangan, serta memaksimalkan efektivitas dalam pemanfaatan dari APBN demi kesejahteraan kehidupan rakyat.

“Fraksi Patai Demokrat Indonesia Perjuangan meminta pemerintah untuk segera
menindaklanjuti temuan-temuan permasalahan dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat 2019, memastikan penyelesaiannya, mengambil tindakan penegakan hukum yang diperlukan, dan memastikan agar tidak terjadi kembali pada APBN TA selanjutnya,” ujar Cucun Syamsurijal dilansir dari Antara.

Baca Juga: Waduh! Ada Resiko Bagi Penerima BLT Tahap 3 BPJS Ketenagakerjaan Bila Gunakan Rekening Ini

Pengesahan RUU didukung penuh oleh Fraksi PDI-P beserta enam Fraksi DPR lainnya tanpa catatan, sedangkan Fraksi PKS dan Fraksi Gerindra menyetujui RUU tersebut dengan catatan.

Pada akhirnya, pengesahan RUU P2APBN menjadi Undang Undang pada Rapat Paripurna ke V DPR Masa Persidangan I tahun sidang 2020-2021 terlaksana.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X