Ditegur Indonesia Karena Mondar-mandir di Perairan Natuna, China Tetap Ngeyel Bahwa itu Wilayahnya

- 16 September 2020, 14:20 WIB
Sebuah kapal Penjaga Pantai Tiongkok (kanan) berpatroli di dekat anjungan minyak China, Haiyang Shi You 981 (kiri) di Laut China Selatan (13/6/2014). ANTARA/REUTERS/Nguyen Minh/aa. (REUTERS/STRINGER Vietnam) /

JURNAL PRESISI - Pengakuan sepihak dari China dengan mengeklaim bentuk peta ”sembilan garis putus-putus” sebagai jalur dagang peninggalan nenek moyang mereka menimbulkan kecaman dari dunia Internasional, salah satu yang mecolok yakni Amerika Serikat.

Apalagi kesombongan dari klaim maritim tersebut dianggap menyudutkan negara ASEAN di sekitaran LCS seperti Malaysia, Filipina, Vietnam bahkan perairan Natuna Utara Indonesia.

Di Indonesia, konfrontasi dengan China mengenai pelanggaran Internasional mengenai zona ZEE tak hanya terjadi sekali dua kali.

Baca Juga: Setelah Es Kepal dan Dalgona Milo, Kini Viral Es Milo Air Zamzam

Kebiasaan militer China melakukan pengawalan eksklusif para nelayannya untuk mengeruk kekayaan laut Indonesia juga kerap dipergoki aparat penjaga maritim NKRI.

Bagi negara dengan julukan negeri Tirai Bambu tersebut, Nelayan asal China dianggap sebagai milisi yang didukung pemerintah.   

Bahkan, Kenakalan aktivitas illegal fishing yang mereka lakukan membuat Indonesia beberapa waktu lalu sempat mengirim jet tempur untuk mengusir para pencuri eksklusif itu.

Baca Juga: Dianggap Sebagai Sumber Kerugian Pertamina, Ahok Akan Rombak Gaji dan Pangkat Jabatan di Pertamina

Baru-baru ini China dilaporkan berulah lagi dengan melakukan pelanggaran di wilayah ZEE Indonesia.

Menurut Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksamana Madya Aan Kurnia, kapal patroli China memasuki ZEE di 200 mil lepas pantai Kepulauan Natuna utara pada Sabtu (12/9) dan menyingkir pada Senin (14/9) setelah dilakukan komunikasi radio.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Reuters, ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X