Uni Eropa Gelontorkan Dana Rp3,4 triliun untuk Bantu Indonesia Tangani Covid-19

- 17 September 2020, 22:09 WIB
Ilustrasi Mata Uang Internasional via iStock /

JURNAL PRESISI - Negara anggota Uni Eropa secara resmi memberikan bantuan kepada Indonesia sebesar 200 juta euro atau setara dengan 3,4 triliun rupiah.

Berdasarkan keterangan secara virtual yang dikemukakan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, 200 juta euro tersebut terdiri atas pinjaman Bank Pembangunan Prancis dan Jerman senilai 180 juta ero dan sisa 20 juta euro merupakan hibah.

Dana dari Bank yang bergerak di bidang proyek penguatan layanan kesehatan tersebut secara detail dialokasikan untuk memasok alat pelindung diri, masyarakat sipil dan kelompok rentan serta investasi untuk lebih memperkuat sektor kesehatan.

Baca Juga: WFH! Yuk Bikin Bomboloni Sendiri Di Rumah, Caranya Gampang Banget

“Kami memobilisasi kerja sama pendanaan hingga 200 juta euro yang berasal dari anggaran Uni Eropa dan kontribusi negara-negara anggota Uni Eropa,” ujar Duta Besar Vincent Piket dilansir dari Antara pada Kamis, 17 September 2020.

Vincent juga mengungkapkan bahwa Uni Eropa sangat merasa peduli atas penderitaan negara-negara terdampak khususunya Indonesia dalam menangani kasus Covid-19 serta upaya untuk pemulihan ekonomi negara.

Diharapkan untuk kedepannya, kerjasama Uni Eropa dan Indonesia akan lebih inovatif dalam hal mendanai masa transisi atau pemulihan, pembangunan di berbagai sektor serta pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Baca Juga: Rezep Bergizi Tumis Brokoli Wortel untuk Menambah Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

Tak lupa, hal tersebut berkaca mengenai pentingnya tujuan pembangunan yang ramah lingkungan sebab selain tantangan pasca pandemi, juga akan dihadapkan adanya krisis iklim.

“Maka kami mendorong pemulihan yang hijau,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X