Sudah Mendaftar BLT UMKM Tapi Tak Kunjung Cair? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

- 18 September 2020, 16:37 WIB
BLT untuk UMKM /Sepasi/Hilman Mulya Nugraha/Hilman Mulya Nugraha

JURNAL PRESISI - Pemerintah telah menyalurkan bantuan stimulus sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengatasi dampak perekonomian yang memburuk akibat Pandemi Covid-19.

Bernama Bantuan Presiden (Banpres), progam dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah tersebut merupakan salah satu dari deretan langkah strategis Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Program Banpres Produktif merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk membantu para pelaku usaha mikro menghadapi tekanan ekonomi akibat pandemi COVID-19,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam acara Peluncuran Banpres di Jakarta (24/8).

Baca Juga: Horee! BLT Subsidi Upah Tahap III Sudah Cair, Buruan Cek Status Penerima di sini

Sebelumnya, Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan 12 juta UMKM di seluruh Indonesia dapat menjadi penerima BLT dengan besaran nominal Rp2,4 juta.

Namun, pelaku UMKM harus menerima kenyataan bahwa pencairan bantuan tersebut dapat dibatalkan jika calon penerima termasuk dalam kriteria berikut.  

- Pelaku UMKM yang sedang dalam kondisi memiliki kredit usaha dari bank.

- Selain itu, BLT tidak diperuntukan bagi yang mempunyai jabatan ASN/TNI?POLRI, meskipun ia mempunyai usaha sampingan berbasis UMKM.

Baca Juga: Pilih Transaksi Digital Selama Masa PSBB, Simak Cara Top Up ShopeePay

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menuturkan bahwa BLT dari Bantuan Presiden sebagai sarana Pemulihan Ekonomi Nasional diperuntukan kepada Pelaku Usaha Mikro yang sedang tidak mempunyai kredit, namun mempunyai usaha.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X