7 Tahapan Program Kartu Prakerja Gelombang 9 yang Harus Anda Ketahui, No 1 Paling Penting

- 19 September 2020, 18:20 WIB
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 9 Sudah Dibuka. /- Foto : prakerja.go.id

JURNAL PRESISI - Program Kartu Prakerja adalah salah satu program Presiden Jokowi semasa kampanye. Saat mencalonkan diri dalam pemilihan presiden, diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Program Kartu Prakerja. Menyasar 5,6 juta pekerja dalam lingkup masyarakat yang terdampak langsung adanya pandemi covid-19.

Ada beberapa tahapan dalam proses Pogram Kartu Prakerja yang harus dicermati dan dipahami bagi para calon maupun yang telah menerima manfaat program tersebut. Terdapat tujuh tahapan yang harus terpenuhi agar baik penyelesian, pencairan, hingga pelatihan dapat lancar dilalui, sebagai berikut:

1. Pendaftaran

Daftarkan diri anda pada situs www.prakerja.go.id di browser yang Anda miliki, bisa melalui PC maupun HP. Setelah berhasil membuka situsnya, buat akun dengan mengisi data diri yang telah disediakan. Pastikan Anda orang masuk dalam syarat wajib yang dapat mengikuti program tersebut.

Baca Juga: Pilkada Tetap Berlanjut, DPR: Jangan karena ketua KPU kena Covid-19 lalu ditunda

2. Seleksi

Tahap kedua Anda harus melewati seleksi motivasi dan kemampuan akademik yang telah disiapkan. Tes berdurasi 25 menit dengan jumlah 18 soal, meliputi tes motivasi mengikuti pelatihan, tes kemampuan akademik dasar, hingga matematika dasar. Pastikan Anda mempersiapkan alat tulis berupa buku dan alat tulis agar dapat maksimal dalam pengerjaanya.

Setelah Anda telah menyesaikan serangkaian tes yang ada, kemudian memilih gelombang yang masih tersedia, setelah itu langkah terakhir dengan menyetujui segala peraturan kaitannya dengan program tersebut. Setelah mengkliknya Anda masuk harus menunggu data diri dan proses seleksi yang telah Anda ikuti. Nnatinya pengumuman lolos dan tidaknya juga ada di situs tersebut.

3. Pilih Pelatihan

Patikan Anda mengingat-ingat tanggal pengumuman program, pasalnya jika Anda lolos, bisa memilih pelatihan yang Anda minati melalui mitra platform digital resmi yang telah bekerja sama. Tentunya menggunakan uang non-tunai yang telah di transfer pada rekening maupun e-wallet yang telah Anda daftarkan.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: prakerja.go.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X