Resesi di Depan Mata, Lakukan 4 Hal Ini Untuk Menghadapinya

- 22 September 2020, 18:48 WIB
Indonesia Resesi Ekonomi, Ini Penjelasan Menteri Keuangan Sri Mulyani /PIXABAY.COM/

JURNAL PRESISI - Akibat adanya pandemi covid-19 yang melanda di seluruh dunia, banyak negara yang diprediksi akan masuk dalam jurang resesi.

Resesi merupakan suatu kondisi dimana terdapat penurunan aktivitas ekonomi secara signifikan dalam jangka waktu berbulan-bulan bahkan dapat terjadi hingga bertahun-tahun.

Ahli ekonomi menyatakan bahwa resesi akan terjadi ketika PDB di negara tersebut di angka negatif, tingkat pengangguran meningkat, pendapatan menyusut dalam jangka waktu lama, serta penjualan ritel menurun. Dalam dunia bisnis, resesi merupakan hal yang tak dapat dihindari. 

Baca Juga: Tidak Terlibat Perang Selama 200 Tahun, Tiba-Tiba Swiss Anggarkan Jet Tempur Baru

Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan memberikan kabar tak sedap bagi perekonomian Indonesia kedepannya.

Ia memastikan bahwa ekonomi nasional akan mengalami resesi pada kuartal ketiga pada tahun 2020. Kabar ini ia sampaikan menyusul adanya revisi pada proyeksi perekonomian Indonesia yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan. 

Menyusul dengan akan adanya resesi ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan ketika terjadi resesi. Janganlah cemas untuk menghadapi resesi, sebaiknya rencanakan dan lakukan hal-hal berikut ini agar tetap dapat survive ketika resesi datang. 

Baca Juga: Rezeki Lagi Seret ? Lakukan 4 Amalan Mudah Ini untuk Memperlancar Datangnya Rezeki

1. Persiapkan Dana Darurat

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X