Rakorpim PEN Ungkap PSBB Berperan Penting Dalam Kemajuan Penanganan Pandemi Covid-19

- 25 September 2020, 20:06 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Rapat Koordinasi Pimpinan di Pulau Bintan Kepulauan Riau Jumat 25 September 2020 /

JURNAL PRESISI - Sejumlah kementerian dan lembaga percepatan penanganan pandemi tergabung dalam Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) Komite PC-PEN dan Kementerian/Lembaga (K/L) dilakukan di Pulau Batan, Kepulauan Riau pada hari ini Jumat, 25 September 2020.

Beberapa pihak kemudian menekankan pembahasan dan pemutusan akan isu strategis yang cocok diterapkan selama masa pandemi yang disampaikan oleh masing-masing kementerian dan/atau lembaga yang berkaitan dengan percepatan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional.

“Kami pun mengundang Instansi Pengawas dan Aparat Penegak Hukum untuk meningkatkan koordinasi sejak dini terkait pemenuhan terhadap tata kelola yang baik dalam program PC-PEN dan kerja sama terkait penegakan protokol kesehatan di masyarakat,” ungkap Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dilansir dari infopublik pada Jumat 25 September 2020.

Baca Juga: Dianggap Menampilkan Gambar Tak Pantas, Luhut Pandjaitan Sebut Najwa Shihab Lakukan Provokasi

Pada serangkaian Rakorpim, pihak-pihak terkait telah diupayakan untuk mematuhi protokol kesehatan, baik peserta, pendamping dan pendukung acara wajib untuk menjalankan swab tes dan/atau rapid tes dengan hasil negatif atau non-rekatif. Kemudian pada penggunaan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun hingga adanya tim paramedis dan medical kit juga dipersiapkan.

Selain itu, Menko Bidang Perekonomian Airlangga juga mengkampanyekan mengenai
protokol kesehatan dengan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) untuk meminimalkan penyebaran dan penegakan disiplin protokol.

“Bahkan perlu melibatkan aparat keamanan. Polri dan TNI secara aktif desertai dengan pengenaan tindakan mulai dari teguran hingga tindakan pidana,” jelas Menko Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Anda Penerima Bantuan 500 Ribu Per KK? Cek Disini dan Lapor Bila Belum Terima

Kemudian Airlangga juga mengungkapkan pada pendekatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga menghasilkan kemajuan. Melalui PSBB ini isolasi dilaksanakan berdasarkan sumber tempat penularan.

“Kita belajar bahwa pendekatan one size fit all tidak tepat, karena memang setiap lokasi klaster memang beda. Sehingga program penanganan covid-19 pun akan berbeda pula sesuai dengan karakter lokasi/klaster tersebut,” imbuh Menko.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: infopublik.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X