Waspada! Wilayah ini Akan Diguyur Hujan Lebat Pekan Depan, Begini Perkiraan BMKG Mengenai La Nina

- 18 Oktober 2020, 19:00 WIB
ilustrasi hujan lebat disertai petir dampak fenomena La Nina /Isu Bogor pikiran-rakyat.com


JURNAL PRESISI – Musim hujan tahun ini sudah dimulai dan tampaknya akan diiringi dengan intensitas yang lebih dari musim hujan sebelumnya.

Dilansir dari Antara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberitahukan bahwa masyarakat perlu waspada akan adanya potensi ujan lebat dibeberapa wilayah di Indonesia.

Hujan lebat ini merupakan akibat dari adanya pengaruh gelombang MJO (Madden Julian Oscillation) di gelombang awal La Nina.

Baca Juga: Mengejutkan! Pasca Duduk bersebelahan, Dua Menlu Ini Dinyatakan Positif Covid-19

“Aktifitas La Nina dan MJO pada saat yang bersamaan ini dapat berkontribusi significan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia,” ujar Guswanto selaku Deputi Bidang Meteorologi dalam keterangan pada Minggu, 18 Oktober 2020.

Madden Julian Oscillation ini sendiri merupakan suatu gelombang atmosfer ekuator yang berasal dari arah barat ke timur.

Berdasarkan analisis terkini, aktifitas MJO sedang berada diatmosfer wilayah Indonesia sehingga menyebabkan klaster awan yang berpotensi hujan lebat.

Baca Juga: TNI AL Mendadak Kirim 2 Kapal perang di Perbatasan Indonesia-Malaysia, Ada Apa?

Kendati kondisi demikian, BMKG juga memperkirakan dalam periode pekan depan, akan terjadi peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat dan disertai petir/kilat serta angin kencang.

Dampak MJO pada periode 18-24 Oktober akan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten dan.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X