Tsunami 20 Meter Akan Terjadi di Indonesia, Ilmuwan Sebut Wilayah Paling Parah Terkena Dampaknya

- 29 Oktober 2020, 16:51 WIB
Ilustrasi tsunami. /Istimewa /PIXABAY/Elias Sch

JURNAL PRESISI - Riset dari tim peneliti tim peneliti Institute Teknologi Bandung yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Scientific Report telah menggemparkan jagad publik. 

Jurnal yang dipublikasian tersebut berjudul"Implications for Megathrust Earthquakes and Tsunamis from Seismic Gaps South of Java Indonesia".

Dalam jurnal itu, berisi mengenai riset yang membahas mengenai potensi terjadinya gempa megathrust di Selatan Pulau Jawa dengan tsunami dengan tinggi gelombang yang mencapai 20 meter. 

Untuk menindaklanjuti hasil riset tersebut, Guru Besar Seismologi Institute Teknologi Bandung menyampaikan hasil risetnya bersama tim penelitinya dalam acara yang digelar secara virtual yang berbicara tentang implikasi gempa megathrust di Selatan Jawa. 

Baca Juga: Frontal! Rizal Ramli Sebut Jokowi Ungkap SBY Bayar Rp 100 Miliar untuk Gerakan Aksi 212

Baca Juga: Antisipasi Bencana! PMI Anjurkan Tindakan Ini Jika Terjadi Gempa Bumi, Simak di Sini

Dalam acara tersebut, Sri Widiantoro juga memberikan peringatan akan adanya potensi gempa yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, gelombang tsunami diprediksi dapat mencapai tinggi 20 meter di daerah selatan Banten.

Potensi ini muncul dikarenakan adanya zona aktif tektonik yang ada di Selatan Pulau Jawa sehingga dapat menimbulkan gempa berskala besar. 

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X