Triliuner Peringkat Tiga Indonesia Wafat, Kekayaan Total Rp87 Triliun Ditinggalkan

- 29 Oktober 2020, 18:35 WIB
Tan Siok Tjien merupakan istri dari mendiang Surya Wonowidjojo, pendiri PT Gudang Garam Tbk. /Gudang Garam


JURNAL PRESISI – Seorang triliuner nasional Tan Siok Tjien dikabarkan wafat di 91 tahun pada Minggu 25 Oktober, 2020 lalu.

Tan Siok Tjien sendiri merupakan isteri dari pendiri PT Gudang Garam Tbk (GGRM) tak lain adalah Surya Winowidjojo yang wafat tahun 1985 silam.

Tan lalu menguasai Gudang Garam yang diketahui sebagai produsen rokok yang menguasai seperempat pasar tembakau diseluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Jengkel Selalu Dituding PKI, Megawati Ngegas: Bapak Ibu Saya Pahlawan Nasional

Tan Siok Tjien tercatat sebagai orang terkaya di dunia peringkat 369 dan orang terkaya ketiga di Indonesia. Proses pemakaman dilangsungkan pada Selasa, 27 Oktober 2020.

Berdasarkan data dari Bloomberg Billionaire Index, Tan Siok Tjien tercatat memiliki kekayaan 5,96 miliar dolar AS atau setara dengan Rp87,92 triliun pada kurs 14.752 rupiah per dolar AS.

Diungkapkan pula bahwa sejak awal tahun ini, nilai kekayaan Tan menurun sebesar 1,86 milliar dolar AS atau setara 23,8 persen.

Baca Juga: Megawati Pertanyakan Sumbangsih Generasi Millenial, Masa Hanya Demo Saja Bisanya?

Gudang Garam dikenal sebagai produsen rokok kretek legendaris di Indonesia yangamana memiliki pekerja kurang lebih 32.000 dengan pendapatan terlapor sebesar 7,8 milliar dolar AS di tahun 2019.

Berdasarkan laporan pula, Tan mewarisi kekayaan dari Surya dengan memegang saham PT Suryaduta Investama dan Suryamitra Kusuma.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Bloomberg


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X