Update Terkini Banjir Bandang di Banyumas Jawa Tengah, Begini Penjelasan BMKG

- 31 Oktober 2020, 18:50 WIB
Banjir bandang yangterjadi di kabupaten Banyumas Jateng /rima ayu dwianiata/


JURNAL PRESISI - Bencana banjir bandang yang melanda sejumlah wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah telah berangsur-angsur surut. Masyarakat yang terdampak banjir ini berada di wilayah desa Sirau, Grujungan dan Sidamulya, Kecamatan Kemrajen.

“Alhamdulillah hingga siang ini, banjir yang melanda sejumlah desa di kecamatan kemranjen, Banyumas, mulai surut meskipun masih ada permukaan yang terendam”, papar koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) kabupaten Banyumas Ady Candra sebagaimana dilasnsir antara.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Banyumas melalui Tagana Banyumas masih membuka dapur umum. Dapur umum ini difungsikan untuk melayani kebutuhan konsumsi para korban bencana banjir.

Baca Juga: Mantab! Program Kartu Prakerja dan 5 Bantuan Sosial ini Bakal DIperpanjang Hingga 2021, Ini Infonya

Para masyarakat, perangkat desa dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) mereka saling bergotong-royong memasak untuk memenuhi kebutuhan pangan para korban bencana. Anyumas.BPBD kabupaten Banyumas juga membuka dapur umum di Masjid Baitunikmah, desa Sirau.

“Khusus desa sirau, jumlah warga yang terdampak banjir awalnya sekitar 1.300 jiwa, namun sekarang sekitar 900 jiwa. Namun dari pantauan, seluruh RW di Sirau masih tergenang banjir”, jelas Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas.

Banjir yang melanda sejumlah desa di kecamatan Kemrajen ini terjadi sejak kamis (29/10) malam akibat hujan lebat dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Akhirnya yang Ditunggu-Tunggu ARMY, Film BTS Segera Tayang di Bioskop, Segini Harga Tiketnya

Lokasi pengungsian ini tersebar di beberapa titik lokasi diantaranya, masjid baitunikmah, Grumbul Pacarmalang, Madrasah IbtidaiyahFathul Ulim, Desa Sirau, dan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sidamulya untuk warga Grumbul Gejebur,Desa Sidamulya.

Selain itu, hujan lebat disertai angin kencang juga kembali melanda sejumlah daerah di kabupaten Banyumas pada sabtu (31/10). Hujan lebat yang disertai angin ini mengakibatkan tanah longsor yang terjadi di sejumlah wilayah di kabupaten Banyumas seperti di kecamatan Kebasen, Kedungbanteng, dan Gumelar.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X