Jusuf Kalla Ungkap Fenomena Habib Rizieq Muncul Karena Tak Ada Pemimpin Kharismatik

- 21 November 2020, 18:39 WIB
Tangkapan Layar Jusuf Kalla:* /PKSTV/Youtube/PKSTV

JURNAL PRESISI – Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla menilai bahwa kedatangan Habib Rizieq serta rentetan peristiwa yang menyertainnya akibat dari kekosongan pemimpin kharismatik.

Melansir dari PKSTV, di acara webinar kebangsaan dalam menyambut Munas PKS-V berjudul ‘Partisipasi Masyarakat Sipil dalam Membangun Demokrasi yang Sehat’ pada Jumat 20 November 2020.

Pada awalnya, JK mempertanyakan kenapa fenomena Habib Rizieq sebegitu hebat permasalahannya sampai polisi dan tentara turun tangan.

Baca Juga: Sebut Tugas TNI Menurunkan Baliho, Pengamat: Kurang Mulia Jika Berseragam Militer Manjat Baliho

“Kenapa masalah Habib Rizieq sebegitu hebat permasalahannya, sehingga polisi dan tentara turun tangan? Sepertinya kita menghadapi goncangan yang ada, kenapa itu terjadi?,” kata Jusuf Kalla dikutip pada Sabtu 21 November 2020.

Kemudian, JK menjelaskan bahwa telah ada kekosongan kepemimpinan di Indonesia yang menyerap aspirasi masyarakat luas hingga muncul Habib Rizieq yang kemudian diberi dukungaan atasnya.

“Ini menurut saya adanya kekosongan kepemimpinan yang dapat menyerap aspirasi masyarakat secara luas. Padahal kekosongan itu, begitu adanya pemimpin kharismatik atau katakanlah ada pemimpin yang mampu mengemudikan alternative maka, orang mendukungnya,” jelas Jusuf Kalla.

Baca Juga: Politisi Demokrat: Kalau TNI Turun Tangan, Berarti Negara Sudah Tak Mampu

Lebih lanjut, JK menyinggung demokrasi yang di Indonesia saat ini sehingga masyarakat memilih Habib Rizieq untuk menyalurkan aspirasi masyarakat.

Halaman:

Editor: Jazila Nailatunni'mah

Sumber: PKS


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X