Upaya Satgas Covid-19 Melakukan Tracing di Kawasan Pusat Kerumunan, Begini Reaksi Masyarakat

- 22 November 2020, 09:00 WIB
Doni Monardo. /Instagram/@bnpb_indonesia

JURNAL PRESISI - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan khusus Covid-19 melakukan tracing (pelacakan), testing (pemeriksaan), dan treatment (perawatan) atau 3T di beberapa titik yang akhir-akhir ini terjadi kerumunan.

Dalam kegiatan ini merupakan hasil rapat koordinasi secara virtual dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten pada, Sabtu 21 November 2020. 

Menurut keterangan resmi Satgas Penanganan Covid-19 yang diterima di Jakarta, yang menjadi perhatian adalah tempat-tempat yang telah terjadi kerumunan pada saat demo Omnibus Law, pasca liburan panjang, penjemputan Habib Rizieq di Bandara soekarno Hatta, kerumunan di Tebet, Mega Mendung serta kawasan Petamburan yang baru-baru ini terjadi.

Maka dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Kesehatan ketiga wilayah itu dan petugas yang berada di lapangan harus memberikan laporan berdasarkan fakta yang ada di lapangan, serta memberikan laporan terkini tentang data perkembangan pada klaster keramaian yang terjadi baru-baru ini.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Sebenarnya Wakil Ketua MPR Dukung Pertemuan Habib Rizieq dan Wapres Ma'ruf Amin

Menurut petugas lapangan yang berada di klaster Petamburan, Jakarta dan di Megamendung, Jawa Barat, mereka merasa kesulitan untuk melakukan pelacakan atau tracing  

Dalam keterangannya, petugas mengaku bahwa dihalangi ketika berusaha untuk melakukan pelacakan atau tracing, sehingga harus meminta bantuan Satgas pusat untuk dapat masuk ke klaster yang dicurigai berpotensi menjadi pusat kerumunan beberapa hari lalu.

Setelah mendengar informasi tersebut, maka Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan bahwa ia menyadari adanya kesulitan para petugas lapangan serta menyampaikan apresiasi terhadap kinerja mereka.

Selain itu, Doni juga mengatakan bahwa perlu adanya kerelaan hati masyarakat untuk bersedia melakukan tes usap, terutama bagi yang pernah terlibat dalam kerumunan seperti, Demo Omnibus Law, serta serangakaian acara Habib Rizieq.

Ia juga berharap adanya dukungan dari berbagai tokoh masyarakat termasuk seperti RT dan RW untuk mengimbau warganya mau melakukan tracing yang dilakukan oleh Satgas Covid-19.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X