Sudah Lama Menikah Mandi Junub Masih Salah, Begini Penjelasan Ust. Adi Hidayat

- 24 Juni 2020, 17:58 WIB
Tangkapan Layar Ust Adi Hidayat Jelaskan tata cara mandi junub (facebook motivasi dakwah)

JURNAL PRESISI – Setiap orang pasti akan mengalami mandi junub akan tetapi belum tentu cara yang dilakukan sudah benar.

Hal ini tentu mengkhawatirkan karena bersuci adalah awal dari syarat sah nya dilakukan shalat.

Jika belum terangkat semua hadas besar itu maka tidak sah shalat seseorang juga termasuk jenis ibadah lainnya yang mensyaratkan bersuci.

Itulah sebabnya di pondok pesantren dan madrasah selalu diajarkan paling awal bab pembahasan masalah thaharah (bersuci) ini.

Baca Juga: PBB Kecam Keras Rencana Israel Ambil Alih Wilayah Palestina di Tepi Barat

“Mohon bapak ibu fokus untuk masalah ini sebab banyak orang yang sudah puluhan tahun menikah tapi masih keliru mandi junubnya,” tutur ustad Adi Hidayat seperti dikutip dari tayangan video di akun facebook motivasi dakwah official

Para sahabat jika ingin mengetahui keseharian Rasulullah yang sifatnya sangat pribadi tentu mereka akan bertanya kepada istri – istri Rasulullah.

Seperti yang dilakukan oleh Ibnu Abbas yang ingin menginap dirumah bibi nya Maimunah (istri Rasulullah) untuk mengetahui amalan keseharian Nabi.

Baca Juga: Prajurit TNI Gugur Diserang Milisi Bersenjata di Kongo Dalam Tugas Misi Perdamaian PBB

Pertama, berdasarkan hadis yang diriwayatkan Aisyah RA ia berkata, “Bahwa jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi dari janabah maka beliau mulai dengan mencuci kedua telapak tangannya, kemudian berwudhu sebagaimana wudhunya untuk shalat, kemudian memasukkan jari-jarinya kedalam air kemudian menyela dasar-dasar rambutnya, sampai beliau menyangka air sampai kedasar rambutnya kemudian menyiram kepalanya dengan kedua tangannya sebanyak tiga kali kemudian beliau menyiram seluruh tubuhnya.” (HR. Bukhari dan Muslim.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X