Ini Momen Kenangan Mbah Maimoen Ajak Santri Nyanyikan Garuda Pancasila

- 28 Juni 2020, 20:23 WIB
KH.Maimoen Zubair (Instagram@lianandala_)

JURNAL PRESISI –  Rancangan Undang – Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang tengah dibahas di DPR menjadi polemik saat ini, sehingga banyak pihak yang meminta pembahasan RUU HIP tidak dilanjutkan diantaranya  termasuk dua ormas besar NU dan Muhammadiyah.

Bicara mengenai Pancasila para santri Pondok Pesantren Al Anwar Rembang akan selalu teringat wasiat pengasuhnya Alm KH. Maimoen Zubair agar selalu cinta tanah air.

Para santri sering diingatkan bahwa "Hubbul Wathon Minal Iman" (cinta tanah air adalah sebagian dari iman). 

Dalam banyak kesempatan Para santri selalu dibangkitkan rasa nasionalismenya  oleh Mbah Maimoen dengan cerita - cerita perjuangan termasuk cerita tentang Pancasila.

Baca Juga: Kantor Menjadi Tempat Beresiko Tinggi Tertular Covid-19, Begini Cara Antisipasinya

Dikutip dari akun Nibrosuzzaman Mbah Maimoen sering mengatakan bahwa  dulu Allah SWT memberikan jalan kepada para tokoh bangsa untuk mempersatukan rakyat dari ribuan pulau, ratusan suku, bahasa yaitu dalam satu bangsa yang disebut Indonesia melalui dasar negara yang  di sebut Pancasila.

Menurut  Mbah Maimoen bahwa sebenarnya jika masyarakat bangsa Indonesia  mampu mengamalkan semua itu (Pancasila),  maka bangsa ini akan menjadi bermartabat, makmur dan  sejahtera.

Akan menjadi bangsa yang bangsa yang mandiri tidak bergantung pada bangsa lain, dan jika semua terwujud  maka bangsa Indonesia  akan menjadi mulia dan disegani.

Baca Juga: Arab Saudi Puji Langkah Indonesia Batalkan Haji 2020 Sebelum Adanya Keputusan Haji Terbatas

Sebagai bukti kecintaanya terhadap NKRI ada satu momen menarik ketika Mbah Maimoen mengajak para santrinya menyanyikan lagu garuda pancasila, seperti yang sempat terekam  oleh santri dan alumni yang sedang mengikuti pengajian di kediaman beliau.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X