Biografi Singkat Imam Al Muzani, Setan Pun Kalah Berdebat Dengannya

- 30 Juni 2020, 08:57 WIB
Ilustrasi Makam Imam Syafi'i Di Cairo Mesir (Jurnal Presisi)

JURNAL PRESISI – Nama Lengkap Imam Al Muzani adalah Abu Ibrahim Isma'il Ibn Yahya Al-Muzani, beliau adalah murid utama Imam Syafi’i yang terkenal sangat alim dan jago berdebat.

Imam Syafi’i pernah memuji kealiman muridnya itu dengan mengatakan” seandainya setan pun yang mengajak debat Al Muzani pasti tidak akan mampu mengalahkannya”.

Abu Ishaq asy Syairazi juga pernah memuji dengan komentar yang senada dengan Imam Syafi’i, "Al Muzani adalah orang yang Zuhud, alim, mujtahid, ahli debat, orator ulung yang pandai berargumentasi.

Baca Juga: Besok! Jawa Timur Gratiskan Denda Pajak, Dapat Diskon 15 Persen Juga Simak Ketentuannya

Selain itu juga dikenal sebagai orang yang giat, Wara’, Zahid dan Qana’ah, seumur hidupnya ia rajin  shalat berjamaah, jika tertinggal berjamaah beliau menggantinya dengan mengerjakan shalat sunnah 25 rakaat.

Al Muzani mempunyai amalan yang unik yaitu rajin ikut memandikan jenazah, ia beralasan "Saya memandikan jenazah agar hatiku menjadi lentur. Hal itu selalu dilakukannya sebagai media untuk muhasabah atau instrospeksi diri.

Selain berguru kepada Imam Syafii, Al-Muzani juga beruguru kepada Nu’aim bin Hammad,Ma’bad bin Syaddad, Ashbag bin Nafi dan lain – lain.

Baca Juga: Wajib Dibawa! Mulai 1 Juli 2020, Keluar Masuk Jakarta Tetap Pakai SIKM, Begini Cara Mengurusnya

Adapun murid Imam Al-Muzani yang terkenal adalah adalah Ibnu Khuzaimah, athThawawi, Zakariya asSaji, Ibnu Hawsa’, Ibnu Abi Hatim (pengarang kitab Ilmu Hadis ‘Jarh Wat Ta’dil’), dan lain – lain.

Karya Imam Al Muzani yang terkenal adalah kitab Al Mukhtasar lil Muzani, dalam pembukaan kitab itu beliau menuliskan kalimat” Aku ringkaskan dalam kitab ini pengetahuan yang berasal dari ilmu Muhammad bin Idris AsSyafi’i rahimahmullah dan dari makna ucapan-ucapannya.”

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X