Gus Baha : Jika Kamu Merasa Bisa Mengendalikan Hidup, Coba Saja Tahan Nyawamu yang Mau Keluar Itu

- 4 Juli 2020, 08:43 WIB
KH. Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha.* //Jurnal Presisi

JURNAL PRESISI – Kekuasaan yang dimiliki seseorang terkadang membuatnya terjerumus kepada perilaku sok kuasa yang merasa bisa mengatur kehidupan orang lain.

Tidak perlu jauh memandang penguasa wilayah atau Negara, dalam lingkup paling kecil dalam rumah tangga saja mungkin tidak disadari kadang muncul ego “sok kuasa” itu.

Dalam sebuah pengajian Gus Baha ketika membahas tafsir Surat Al Waqiah ayat 86 – 87, tantangan Allah SWT telah menyadarkan kita bahwa sesungguhnya manusia sama sekali tidak mempunyai kuasa untuk mengatur kehidupan.

Baca Juga: Bahaya Belajar Agama Secara Otodidak, Gus Baha : Jika Tidak Ada Sanad, Agama Akan Dibuat Semaunya


فَلَوْلَآ اِنْ كُنْتُمْ غَيْرَ مَدِيْنِيْنَۙ تَرْجِعُوْنَهَآ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ

Artinya : Maka mengapa jika kamu memang tidak dikuasai (oleh Allah), kamu tidak mengembalikannya (nyawa itu) jika kamu orang yang benar?

“Kalau betul kamu bisa mengendalikan kehidupan, coba saja orang seperti Firaun, Namrud, Presiden dan orang – orang kaya sok kuasa itu cobalah ditahan nyawamu yang mau keluar itu (sakarotul maut), angkuhmu gitu kok katanya bisa mengendalikan kehidupan(diri sendiri),” tegas Gus Baha.

Baca Juga: Misteri Haji Mbah Maimoen Tahun 1950, Banyak Malaikat Ikut Thowaf Saat Jamaah Haji Hanya Sedikit

Bahkan untuk mewujudkan keinginan diri sendiri saja manusia tidak punya kemampuan untuk menentukan hasilnya.

“Mengendalikan sesuatu yang paling kita inginkan (nyawa) saja tidak bisa, mengendalikan cinta istri tidak bisa, mengendalikan maslahat untuk dirimu tidak bisa,"

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X