Gus Baha : Awas! Terang - terangan Berbuat Maksiat Adalah Dosa yang Tidak Diampuni Oleh Allah

- 5 Juli 2020, 14:04 WIB
Gus Baha /Jurnal Presisi /(Jurnal Persisi)

JURNAL PRESISI – Dalam sebuah pengajian Gus Baha menerangkan bahwa ada dosa yang tidak diampuni Allah SWT yaitu dosa golongan ‘Mujahirin’ (orang yang melakukan dosa secara terang – terangan).

Lebih berat lagi apabila dalam melakukan dosa/maksiat itu ia mengajak orang lain.

Dan termasuk juga masuk dalam golongan ini adalah orang yang melakukan dosa secara sembunyi akan tetapi kemudian dengan terbuka ia menceritakan perbuatan maksiatnya kepada orang lain.

Baca Juga: Bolehkah Membagi Daging Kurban Dalam Bentuk Daging Olahan ? Begini Penjelasan Fatwa Ulama

Rasulullah SAW bersabda:

كُلُّ أُمَّتِي مُعَافًى إِلَّا الْمُجَاهِرِينَ وَإِنَّ مِنْ الْمُجَاهَرَةِ أَنْ يَعْمَلَ الرَّجُلُ بِاللَّيْلِ عَمَلًا ثُمَّ يُصْبِحَ وَقَدْ سَتَرَهُ اللَّهُ عَلَيْهِ فَيَقُولَ يَا فُلَانُ عَمِلْتُ الْبَارِحَةَ كَذَا وَكَذَا وَقَدْ بَاتَ يَسْتُرُهُ رَبُّهُ وَيُصْبِحُ يَكْشِفُ سِتْرَ اللَّهِ عَنْهُ

“Setiap umatku akan mendapat ampunan, kecuali mujahirin (orang-orang yang terang-terangan berbuat dosa). Dan yang termasuk terang-terangan berbuat dosa adalah seseorang berbuat (dosa) pada malam hari, kemudian pada pagi hari dia menceritakannya, padahal Allah telah menutupi perbuatannya tersebut, yang mana dia berkata, “Hai Fulan, tadi malam aku telah berbuat begini dan begitu.” Sebenarnya pada malam hari Rabb-nya telah menutupi perbuatannya itu, tetapi pada pagi harinya dia menyingkap perbuatannya sendiri yang telah ditutupi oleh Allah tersebut.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Inilah 10 Nasehat Gus Baha Tentang Keimanan dan Masalah Rumah Tangga

“ Misalnya zina kok di jalan, maling terang – terangan, atau habis zina atau maling terus cerita ke orang – orang,

"Misalnya lagi malamnya berbuat maksiat dan tidak ada yang tahu karena ditutupi oleh Allah SWT, kok besoknya malah cerita ke orang – orang, seperti itu yang tidak bisa di maafkan oleh Allah.” Terang Gus Baha.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X