Kemana Air Bekas Memandikan Jenazah Rasulullah? Jawabannya Sungguh di Luar Dugaan

- 7 Juli 2020, 22:30 WIB
Syeikkh Muhammad Mutawalli As Sya'rawi /Jurnal Presisi/(Jurnal Presisi)

JURNAL PRESISI – Rasulullah Muhammad SAW wafat pada hari senin 12 Rabiul Awal tahun 11 hijriah pada usia 63 tahun dan dimakamkan di tempat beliau wafat yakni di kamar Aisyah yang sekarang letaknya di dalam area Masjid Nabawi Kota Madinah.

Menurut Sirah Ibnu Hisyam pada saat prosesi memandikan jenazah Rasulullah SAW, sahabat yang turut memandikan adalah Ali Bin Abi Talib, Abbas Bin Abdul Muttalib, Al-Fadhl Bin Abbas, Qutham Bin Abbas, Usamah Bin Zaid, Syuqran Maula kepada Rasulullah dan Aus Bin Khauli.

Air yang dipakai memandikan jasad Rasulullah berasal dari sumur Ghars yang terletak di daerah Quba.

Baca Juga: Bahaya Belajar Agama Secara Otodidak, Gus Baha : Jika Tidak Ada Sanad, Agama Akan Dibuat Semaunya

Mengenai sumur Ghars ini, adalah sumur yang dibuat dan digunakan Rasulullah SAW bersama keluarga dan para sahabat untuk minum dan kebutuhan sehari – hari.

Rasulullah SAW berwasiat :

حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ يَعْقُوبَ حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ زَيْدِ بْنِ عَلِيِّ بْنِ الْحُسَيْنِ بْنِ عَلِيٍّ عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ جَعْفَرٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَلِيٍّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَنَا مُتُّ فَاغْسِلُونِي بِسَبْعِ قِرَبٍ مِنْ بِئْرِي بِئْرِ غَرْسٍ

Artinya : Jika aku meninggal, maka mandikanlah aku dengan tujuh geriba dari air sumurku, sumur Ghars. [HR. ibnumajah No.1457].

Tampak kondisi Sumur Ghars kini/ sumur Rasulullah yang dipakai untuk kebutuhan sehari - hari dan airnya dipakai memandikan  jenazah beliau
Tampak kondisi Sumur Ghars kini/ sumur Rasulullah yang dipakai untuk kebutuhan sehari - hari dan airnya dipakai memandikan jenazah beliau (Jurnal Presisi)

Baca Juga: Arab Saudi Tetapkan Protokol Kesehatan Haji 2020, Wajibkan Tes Corona dan Karantina Pasca Haji

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X