Jelaskan Makna Shalawat Nabi, Buya Syakur : Ludahi Muka Saya Kalau Tidak Kaya Setelah Amalkan Ini

- 9 Juli 2020, 22:13 WIB
Buya Syakur Yasin /Jurnal Presisi/(Jurnal Presisi)

JURNAL PRESISI – Tidak diragukan lagi jika bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah amalan yang utama dan banyak mengandung fadilah.

Shalawat atas Nabi juga merupakan perintah langsung dari Allah SWT dalam Surat Al-Ahzab ayat 56 :

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad. Wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian kepadanya dan bersalamlah dengan sungguh-sungguh.”

Baca Juga: Untuk Apa Berdo'a Jika Sudah Ditetapkan Takdirnya? Simak Penjelasan Gus Baha Ngaji Kitab Al Hikam

Namun dalam prakteknya menurut Prof.Dr.KH. Abdul Syakur, MA. atau yang akrab dipanggil Buya Syakur ini masih terdapat tanda tanya tentang adanya tata cara dan jumlah pengamalan shalawat ini.

“Saya tidak mengerti dari mana dasarnya jika ada yang menganjurkan membaca shalawat tertentu dibaca sekian ribu kali, sedangkan dalil Al Qur’an mengenai perintah bershalawat tersebut masih secara global,” ujar Buya Syakur.

Dalam sebuah tayangan video chanel sufinesia tv berjudul ‘Makna Sholawat Nabi’ Buya Syakur mengatakan seharusnya sebelum mengamalkan pembacaan Shalawat ini lebih baik orang diberi pemahaman lebih dulu makna dari Shalawat, sehingga orang akan lebih mengetahui tujuannya untuk apa bershalawat dan tidak terpaku kepada jumlah bacaan saja.

Baca Juga: Pakar Nyatakan Keberadaan Virus Corona Sebenarnya Sudah Lama Ada Tetapi Tidak Disadari Manusia

“Saya juga pernah memberi amalan baca "صَلَّى اللهْ عَلَى مُحَمَّدْ" (Shallalahu Ala Muhammad) sebanyak 80.000 kali kepada seseorang, bahkan saya tantang kalau sampai 3 tahun kemudian kamu belum kaya ludahi muka saya!

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X