Bukan Sepele, Ada Rahasia Besar di Balik Peristiwa TIdur, Simak Penjelasan Gus Baha

- 10 Juli 2020, 20:02 WIB
Gus Baha /Jurnal Presisi/(Facebook Gus Baha Lovers)

JURNAL PRESISI – Bagi sebagian orang tidur adalah aktivitas biasa saja yang dianggap sebagai proses fisiologis untuk mengistirahatkan tubuh dari kelelahan.

Namun dalam ajaran islam peristiwa tidur juga memiliki rahasia besar sehingga disebutkan dalam Al Qur’an Surat Ar Rum ayat 23 bahwa tidur juga merupakan sebagian dari tanda kebesaran Allah SWT.

وَمِنْ اٰيٰتِهٖ مَنَامُكُمْ بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَاۤؤُكُمْ مِّنْ فَضْلِهٖۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّسْمَعُوْنَ

Artinya : Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah tidurmu pada waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.

Baca Juga: COVID-19 Belum Mereda, 1700 Orang Terjangkit Sebuah Wabah Aneh di Kazakhstan

Dari tinjauan fiqih Gus Baha berpendapat jika tidur juga termasuk bernilai pahala, alasannya pada saat tidur otomatis seseorang akan tercegah dari berbuat maksiat.

Selain itu menurutnya tidur juga merupakan peristiwa yang sangat sakral bagi orang oang mukmin khususnya para ulama sholeh dan para Nabi.

Banyak para nabi yang memperoleh wahyu melalui mimpi disaat tidur sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’an Surah As Shafat ayat 102 tentang mimpi Nabi ibrahim :


فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya : Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.”

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X