Tiga Golongan Penting dalam Pengendalian Covid, menurut Ilmuwan Muslim

- 18 Oktober 2020, 19:31 WIB
Ahmad Utomo Peneliti Biomolekuler /@pakahmadutomo

JURNAL PRESISI - Ahmad Utomo, ilmuwan Biomolekuler lulusan Amerika Serikat ini memaparkan analisanya tentang aktor-aktor yang berperan penting terhadap penyebaran Covid-19 ini.

Dalam video yang tayang sejak 2 minggu lalu ini diberi judul "SAINS COVID-19 Perspektif AGAMA kata Pak Ahmad Muslim Molecular Biologist" di akun youtube pribadinya, Pak Ahmad Channel, teradapat 3 golongan yang berkontribusi dalam pengendalian Covid-19, yaitu : masyarakat, ulama atau ilmuwan dan Pemerintah.

"Tiga golongan manusia tiga golongan manusia terkait dengan pengendalian wabah ini siapa saja mereka itu yang pertama adalah masyarakat yang kedua adalah para ulama dan para ilmuwannya dan yang ketiga adalah otoritas."

 Baca Juga: Ilmuwan Biomolekuler Jelaskan Covid-19 Melalui Pandangan Islam

Menurut pria yang saat ini berprofesi sebagai Senior Molecular Testing Laboratory Consultant menyatakan bahwa masyrakat bisa berkontribusi dalam melaksanakan 3M secara disiplin.

"Masyarakat memiliki peran penting yaitu untuk melaksanakan 3M menjaga jarak menggunakan masker sering cuci tangan dan perlu saya tambahkan jangan banyak bicara.

Kenapa? karena kita ketahui dari Qadar si virus ini dia akan bisa menular melalui kontak erat dan kalau misalnya dia terlalu banyak berinteraksi tidak menggunakan masker. 

Jangan lupa virus ini dia akan banyak sekali berkembang biak di rongga nafas atas sebelum dia turun ke rongga nafas bawah ketika dia mulai berkembang biak di rongga nafas atas dan orang ini mulai bicara kalau banyak tanpa masker ini akan mudah sekali dengan serpihan-serpihan ludah ya kalau kita lihat banyak orang yang sangat bersemangat berbicara sehingga keluar percikkan percikkan ludah itu dan droplet-droplet itu akan menempel di lawan bicaranya lawan bicaranya tidak sengaja kan mengusap wajahnya menggosok mukanya."

Baca Juga: Parodikan Mata Najwa dengan Gaya Korea, Najwa Shihab Seret Narasi TV

Golongan kedua yang penting dalam wabah ini adalah golongan cendekiawan. Peran penting yang bisa dilakukan oleh kelompok ini adalah memberikan masukan, nasehat, saran yang didasarkan pada temuan maupun bukti-bukti yang diteliti selama ini.

Halaman:

Editor: Zaini Rahman

Sumber: YouTube


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X