15 Petuah Para Wali dan Ulama Pengguggah Jiwa, Cocok untuk Ucapan Hari Santri Nasional

- 22 Oktober 2020, 10:15 WIB
Ilustrasi potret para Ulama /Jurnal Presisi/(instagram@jogigjog)


JURNAL PRESISI – Hari Santri Nasional (HSN) diperingati setiap tanggal 22 Oktober berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang merujuk pada peristiwa bersejarah seruan Jihad melawan penjajah oleh KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945.

Banyak cara dan kegiatan dilaksanakan untuk memperingati Hari Santri Nasional, salah satunya adalah berbagi pesan kebaikan melalui pesan berantai kepada sahabat, kerabat dan teman seperjuangan.

Bagi para santri dan kita sebagai orang awam tentunya petuah para ulama adalah sebuah obat mujarab untuk menggugah jiwa yang sedang lemah, atau solusi dari setiap keraguan dalam menghadapi masalah.

Baca Juga: Memperingati Hari Santri, Inilah 7 Ulama Besar Indonesia yang Sangat Dihormati Dunia Internasional

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 15 Petuah para Wali dan Ulama yang cocok dibagikan sebagai ucapan selamat Hari Santri Nasional 2020 :

1. “Barangsiapa yang menginginkan dunia, maka dia harus meraihnya dengan ilmu. Barangsiapa yang menghendaki akhirat, maka hendaknya dia harus memiliki ilmu. Barangsiapa yang menghendaki keduanya, maka hendaknya dia harus meraihnya dengan ilmu." (Imam Syafi’i)

2. “Tujuan benar harus dilakukan dengan cara yang baik. Tujuan baik harus dilakukan dengan cara yang benar.” (Sunan Bonang)

3. “Sura Dira Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti: Segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati, dan sabar.” (Sunan Kalijaga)

4. "Tatkala waktuku habis tanpa karya dan pengetahuan, lantas apa makna umurku ini?." (KH. Hasyim Asy'ari)

Baca Juga: Punya Istri Cerewet Jangan Dicerai, Gus Baha: Itu Bisa Jadi Sebab Allah SWT Menjadikanmu Wali

Halaman:

Editor: Zaini Rahman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X