Setelah Turnamen Sepak Bola, Selanjutnya Menpora Bakal Membahas Izin Kompetisi IBL untuk Basket di Indonesia

- 23 Februari 2021, 15:38 WIB
Setelah mendapat lampu hijau dari Kepolisian terkait izin kompetisi sepakbola pramusim Piala Menpora 2021. Kini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan membantu mengajukan izin kompetisi basket atau Indonesian Basket League (IBL) 2021 bergulir di tengah pandemi Covid-19. /putra/kemenpora.go.id/

JURNAL PRESISI - Setelah kompetisi sepakbola pramusim Piala Menpora 2021 mendapatkan izin untuk dapat diselenggarakan oleh Kepolisian, kini giliran kompetisi basket atau Indonesian Basket League (IBL) 2021 yang akan dicoba Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) supaya mendapatkan izin bergulir ditengah pandemi Covid-19.

"Jadi setelah sepak bola ini, maka akan menyusul (izin) basket,” kata Menteri Pemuda dan Olaharga (Menpora) Zainudin Amali dilansir dari situs resmi kemenpora.

Menpora Amali akan melakukan rapat koordinasi dengan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) dan Indonesian Basket League (IBL) pada minggu ini terkait izin kompetisi basket tersebut.

Baca Juga: Tindaklanjuti Arahan Presiden Terkait UU ITE, 3 Kementerian Bentuk Tim Kajian

"Dijadwalkan satu atau dua hari ke depan kita akan rapat koordinasi. Rakor dihadiri oleh peserta yang hadir pada saat (rapat) dengan sepakbola waktu lalu. Yang berganti hanya PSSI dan PT LIB. Mereka digantikan Perbasi dan IBL. Materi bahasannya sama," tutur Amali.

Menpora sendiri mengaku optimis kembali akan mendapatkan izin untuk menyelenggarakan kompetisi basket dari kepolisian. Hal tersebut dikarenakan, Kompetisi bola basket direncanakan hanya akan menggunakan satu tempat saja untuk memainkan seluruh game dalam turnamen tersebut.

"Seluruh pemain satu hotel yang sama. Nanti SOP yang sudah dibuat oleh PSSI dan IBL akan menjadi benchmark, menjadi standar buat semua cabang-cabang olahraga khusunya yang akan melakukan kompetisi yang ingin mendapatkan izin dari Kepolisisan. Karena situasinya masih sama,” ucap Amali menjelaskan.

Baca Juga: Sudah Dua Pekan TC Timnas Diadakan, Shin Tae-Yong Akui Ada Perkembangan ke Arah Positif

Sepak bola sendiri sebelumnya sudah mengantongi izin untuk mengadakan kompetisi setelah melalui proses rapat koordinasi yang panjang dan penundaan beberapa kali sehubungan adanya pandemi covid-19 dan pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Proses penyerahan izin terkait turnamen sepak bola sendiri dilakukan oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo kepada Menpora Zainudin Amali pada 18 Februari 2021 lalu di Mabes Polri. Kemudian sehari setelahnya Menpora Amali menyerahkan surat izin tersebut kepada Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan.***

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: Kemenpora.go.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X