PlayStation Game Console Yang Sempat Ditolak Nintendo

- 19 Mei 2020, 15:25 WIB
PlayStation 1.* Hello Im Nik

JURNAL PRESISI - Siapa sih yang tidak kenal dengan PlayStation, game consol legendaris  besutan Sony Interactive Entertainment (SIE). Namun siapa yang menyangka game consol yang akrab disebut sebagai PS ini pernah ditolak sama Nintendo.

Awalnya Sony berencana menggandeng Nintendo untuk berkolaborasi meluncurkan consol ini. Jika kolaborasi ini berhasil, logo brand Nintendo juga tertempel di PS.

Namun proposal kerja sama ini berujung pada kegagalan. Tidak terpuruk dengan hal itu, Sony memutuskan untuk menjualnya sendiri. Hasilnya mengejutkan PS memecahkan rekor sebagai game consol terlaris. PS berhasil mencatatkan penjualan 100 Juta unit pada tahun 2005.

Baca Juga: Virus Corona Berpotensi Menyebar Lebih Jauh di Udara Ungkap LAPAN

PS adalah game consol generasi baru yang mengaplikasikan konsol 32-bit. Seri pertamanya  dikenal sebagai PS One, menjadi game consol pertama yang menggunakan CD kala itu.

PS pertama rilis di Jepang pada bulan Desember tahun 1994. Kemudian rilis di Amerika Serikat pada bulan September tahun 1995. Keduanya berhasil meraih angka penjualan yang sangat tinggi. Beberapa judul video game seperti Twisted Metal dan Ridge Races menjadi sangat populer. 

PlayStation yang pertama terus diproduksi sampai Maret tahun 2005. Produk ini mengalami kemunduran karena kemunculan konsol 64-bit, salah satunya PlayStation 2. PS2 adalah produk lanjutan dari Sony dan menawarkan fitur bermain dengan internet.

Baca Juga: Langgar Aturan Asimilasi, Bahar bin Smith Kembali Mendekam di Lapas Gunung Sindur, Bogor

Hal ini memperkuat dominasi PS 2 terhadap rivalnya seperti Sega Dreamcast dan Nintendo GameCube. Bahkan PS2 meraih penjualan 100 juta unit lebih cepat dari produk manapun.

Halaman:

Editor: Ratri Ni'mah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X