Bukan Main! LAPAN Siapkan Dana Rp340 Miliar Untuk Berburu Exoplanet dan Kehidupan Alien

- 27 Oktober 2020, 19:20 WIB
Ilustrasi kehidupan di luar Bumi, LAPAN akan melakukan penelitian kehidupan lain (alien) dan tempat layak huni selain di Bumi. /Pixabay

JURNAL PRESISI - Mengejutkan, Indonesia akan berburu alien, apakah mahluk luar angkasa itu memang benar-benar ada?

Beredar kabar bahwa Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) indonesia akan melakukan pencarian Alien.

Indonesia akan memberikan anggaran sebesar Rp340 miliar untuk pencarian Alien ini. Rencanaya penelitian ini akan dimulai pada tahun 2021.

Baca Juga: Tak Didampingi Prabowo, Presiden Jokowi Justru Ditemani Luhut saat Tinjau Lumbung Pangan di Sumut

Dilansir dari rri.co.id pada 27 Oktober 2020, Rhorom Priyatikanto selaku peneliti LAPAN mengungkapkan bahwa, penelitian tersebut sudah dalam tahap strategis. Kemudian, Indonesia akan mulai mencari tempat layak huni lain dan kehidupan lain, yaitu Alien.

"Langkah awal dalam pencarian kehidupan lain di luar Bumi adalah mencari planet dengan kondisi yang dinilai layak huni," ujar Rhorom.

"Dalam rencana strategis penelitian kami, tahun depan LAPAN akan memulai studi fenomena transien, yakni fenomena yang terjadi secara insidental. Salah satu tujuannya adalah deteksi dan karakterisasi exoplanet," tegasnya.

Baca Juga: Kabar Tak Sedap Bagi Buruh, DKI Jakarta Hingga Jabar Tahun Depan Tak Bakal Ada Kenaikan UMP

Berdasarkan hal tersebut, secara jelas LAPAN akan memulai studi fenomena trasien yang merupakan insidental. Tujuan dari adanya hal tersebut adalah mendeteksi karakterisasi exoplanet.

Lapan juga mengungkapkan bahwa, karakterisasi exoplanet termasuk dalam fenomena transien, hal tersebut baru bisa dideteksi jika exoplanet sudah melewati sang bintang induk.

Halaman:

Editor: Harbhimanyu Wicaksono

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X